Pengaruh Facebook Terhadap Pendidikan Anak

UNIVERSITAS GUNADARMA

SISTEM KOMPUTER S1

NAMA : BIEAS KULTUR SADEWO

NPM : 21112457

KELAS : 1KB04

BAB I

PENDAHULUAN

 

Abstraksi

Facebook suatu jejaring sosial yang saat ini di gandrungi oleh semua kalangan, sebuah media yang sangat mudah diakses, fleksibel dan bisa digunakan kapan saja untuk kebutuhan tertentu, namun saat ini atau yang sering ditemukan sekarang adalah bagaimana seorang anak yang usianya mungkin masih belum cukup untuk menggunakan media ini untuk di gunakan sebagai mestinya.

justru anak anak jaman sekarang terprosok pada hal hal yang negative, bukan hal positif yang didapat dari facebook, akan tetapi sikap buruk dari anak anak sekarang yang mungkin kurang adanya pengawasan dari orang tua dan pergaulan lingkungan yang kurang mendukung, sehingga facebook digunakan sebagai media yang membuat nya makin kurang terkontrol. contoh nya seperti pemborosan, pergaulan bebas, dan banyak membuang buang waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar.

Peran orang tua, lingkungan, pergaulan, dan teman teman pun disini sangat penting bagaimana pencagahan terhadap facebook/dunia maya. dan facebook bukan dijadikan sebagai kebiasaan buruk anak anak/remaja yang kodrat nya anak/remaja itu sebagai pelajar yang menuntut ilmu untuk masa depan nya.

 

 

1.1    Latar Belakang

Facebook , sebuah media sosial yang belakangan ini sering kita dengar dan sering kita jumpai di dunia maya. Facebook merupakan salah satu media social network yang sangat terkenal, dengan facebook kamu dapat berinteraksi dengan berbagai macam orang dari seluruh dunia. Di Facebook kamu dapat menampilkan profile diri kamu, lengkap dengan foto-foto kamu, bersosialisasi dengan orang-orang yang punya hobi sama, menjadi fans artis, berbagi cerita dan kegiatan kamu, atau chatting online dengan user lain.

Namun seiring berjalannya waktu, pergaulan di Indonesia saat ini begitu pesat. Bahkan saat usia remaja / anak-anak pun sudah tak asing lagi, bagi mereka sebuah pergaulan baru untuk menemukan apa yang ingin mereka cari, selain pendidikan, dan keingin tahuannya terhadap sesuatu yang berada di facebook dan jejaring sosial lainnya.

1.2   Tujuan Penulisan

Untuk mengetahui tentang pengaruh / dampak dari facebook terhadap pendidikan anak.

1.3   Rumusan Masalah

Dampak positif jejaring sosial facebook ?

Dampak negatif jejaring sosial facebook ?

1.4   Batasan Masalah

Materi atau makalah ini hanya terdiri dari sebagian definisi definisi / dampak dampak dari jejaring sosial facebook.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1    Pengertian Pendidikan Anak

          Pendidikan anak – anak adalah suatu upaya pembinaan yang di tunjukan kepada anak – anak yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

         

2.2    Tujuan Pendidikan Anak

Secara umum tujuan pendidikan anak–anak sebagai potensi anak– anak sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan dari dengan lingkungan sekitarnya.
Pemerintah Indonesia juga telah menggariskan dasar–dasar dan tujuan pendidikan dan pengajaran itu di dalam Undang – Undang Dasar No 12 tahun 1954, terutama pasal 3 dan 4 yang berbunyi sebagai berikut :

–          Pasal 3 : Tujuan pendidikan dan pengajaran ialah membentuk manusia susilah yang cakap dan warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air.

–          Pasal 4 : Pendidikan dan pengajaran berdasarkan atas asas – asas yang termaktub dalam ”Pancasila” Undang – Undang Dasar Negara Indonesia dan atas kebudayaan kebangsaan Indonesia.

Didalam GBHN 1983 – 1988 tujuan pendidikan dinyatakan sebagai berikut:
Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan manusia – manusia pembangun yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

2.3    Dampak Positif Siswa Menggunakan Facebook

1. Facebook dapat menambah wawasan siswa tentang berita atau kabar yang sedang banyak dibicarakan.

2. Facebook membuat siswa lebih tanggap dan komunikatif pada sekitarnya, maksudnya siswa dapat bertukar pikiran dan belajar dari perkataan orang. Sehingga ia akan lebih tanggap terhadap perasaan temannya dan lebih mudah berbicara pada orang didekatnya.

3. Selain mendapat teman baru, siswa juga dapat mencari sahabat di dunia maya dan mendapatkan pasangan yang diinginkan.

4. Siswa dapat menuliskan permasalahan yang dihadapi, yang kemudian dibaca oleh teman-temannya, sehingga dapat memunculkan ide-ide cemerlang dan dapat mengembangkannya.

5. Pikiran siswa akan lebih terbuka dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di facebook.

6. Mempererat silaturahmi, siswa bisa menemukan kembali orang – orang yang pernah dia kenal di masa lalu.

7.Mengetahui potensi diri, dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa siswa sebenarnya. Namun, siswa juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur – unsur ramalan.

8. Media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain.

9. Sarana diskusi, di facebook siswa bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.

10. Tempat curhat, ketika siswa sedang mendapatkan masalah, siswa  tinggal mengupdate status facebooknya dengan masalah yang sedang kita hadapi,  jika ada orang yang peduli, orang tersebut akan memberi komen yang isinya memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah.

2.4    Dampak Negatif Siswa Menggunakan Facebook

1.  Membuat siswa menjadi malas belajar, tidak mengerjakan tugas,  karena selalu ingin tahu status teman-temannya.

2.  Lebih banyak waktu yang terbuang sia – sia untuk hal yang kurang bermanfaat contoh chatting.

3.  Boros. Artinya, siswa dapat menghabiskan uangnya untuk online berjam – jam.

4.   Menjadi ketergantungan dengan facebook.

5.  Kualitas pertemuan face to face dengan sesama anggota keluarga semakin berkurang, sehingga menimbulkan perasaan terabaikan.

6.   Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas, karena namanya dunia maya, dunia tanpa batas, sehingga siswa bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk.

7. Tidak peduli dengan sekitarnya, Orang yang sudah kecanduan facebook terlalu asyik dengan dunianya sendiri (dunia yang diciptakannya) sehingga tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Seseorang yang telah kecanduan facebook sering mengalami hal ini. Tidak peduli dengan lingkungan sekitar, dunianya berubah menjadi dunia facebook.

8. Mengganggu kesehatan, Terlalu banyak nongkrong di depan monitor tanpa melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah olah raga sangat beresiko bagi kesehatan. Penyakit akan mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur. Obesitas (kegemukan), penyakit lambung (pencernaan), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.

9. PENIPUAN, Seperti media media lainnya, facebook juga rawan terhadap penipuan. Apalagi bagi anak anak yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan.

BAB III

PENUTUP

 

3.1     Kesimpulan

          Facebook suatu jejaring sosial yang saat ini di gandrungi oleh semua kalangan, sebuah media yang sangat mudah diakses, fleksibel dan bisa digunakan kapan saja untuk kebutuhan tertentu, namun saat ini atau yang sering ditemukan sekarang adalah bagaimana seorang anak yang usianya mungkin masih belum cukup untuk menggunakan media ini untuk di gunakan sebagaimana mestinya.

3.2    Saran

          Penulis menyarankan untuk lebih mengetahui tentang materi atau makalah ini, tidak harus ber patok pada makalah penulis . Dengan facebook diharapkan siswa dapat menggunakannya untuk menyalurkan kreativitas dan bakat, misalnya : menulis puisi, membuat cerita humor lucu dan membuat artikel maupun bertukar informasi mengenai pelajaran. Dalam menggunakan facebook, siswa harus dapat membatasi waktu, agar aktivitas lainnya tidak terganggu terutama belajar.


 

   DAFTAR PUSTAKA

 

 

www.google.com

http://gen22.blogspot.com/2010/01/manfaat-facebook-bagi-pelajar-dan.html

http://www.slideshare.net/mashendri1/facebook-manfaat-dan-dampaknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s