Keindahan Alam Bawah Laut Di Ujung Paling Timur Indonesia

Keindahan merupakan ciptaan Sang MAHA PENCIPTA yang wajib untuk dipuji. Suatu hal di katakan indah jika hal tersebut membuat orang takjub dan mempunyai tangapan positif pada hal terebut sehingga membuat batin menjadi terasa senang dan tenang. Dalam kali saya akan membahas suatu keindahan alam. Yaitu keindahan alam bawah laut yang berada di Negara tercinta kita yaitu Indonesia tepatnya di bagian paling timur Indonesia yaitu papua barat yang terdapat banyak pulau-pulaunya yang eksotis, dan salah satunya yaitu RAJA AMPAT.

Raja Ampat atau ‘Empat Raja’ adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau ini. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud itu adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.

Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia banyak berdatangan ke ini untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik di dunia yang mengagumkan.

Sehingga membuat wisata ini menjadi petualangan yang takkan terlupakan. Banyak hal yang bisa dilakukan disini wisatawan-wisatawan dapat menyelam di bawah lautnya yang paling indah. menjelajahilah dinding bawah laut yang vertical.

Mereka pun dapat merasakan juga ketegangan menyelamnya, berdebar-debar saat terombang-ambing arus laut. Itu pastinya akan menjadi pengalaman pribadi yang tak terlupakan di Raja Ampat.

Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektare tanah dan laut. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75 persen spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini. Dalam catatan fotografi bawah laut di kawasan Raja Ampat, Imam Brotoseno menyebutkan bahwa kandungan kekayaan biota laut Raja Ampat paling besar di seluruh area segitiga koral dunia, yaitu Philipina-Indonesia-Papua Nugini. Segitiga koral ini merupakan jantung kekayaan terumbu karang dunia yang dilindungi dan ditetapkan berdasarkan konservasi perlindungan alam internasional.

Saat tiba di Raja Ampat maka kegembiraan sudah dapat dirasakan. Sontak terdengar seketika orang yang baru datang di sini memuji nama Tuhan karena mata dan hatinya dipikat pemandangan alam yang luar ini. Bila tidak Anda temukan respon itu maka diam terkesima adalah bukti seseorang telah ditawan setitik surga yang jatuh di lautan yang jernih sebening kristal dan ombak lembut menyapu pasirnya yang putih.

Pemandangan Raja Ampat seperti dalam mimpi tetapi ini bukanlah ilusi. Saat Anda mencemplungkan diri menyelam ke bawah laut maka perhatikan dengan detail hewan laut yang menyapa. Bisa jadi kuda laut kerdil mendekati jemari Anda seakan ingin menyambut berjabat tangan.

Mantaray dan wobbegong akan berenang bersama Anda. Ikan tuna, giant trevaliies, snapper, dan bahkan barracuda turut menyambut Anda di bawah laut. Itu belum cukup, bagaimana apabila ada teman baru yang ramah yaitu ikan dugong ingin berenang bersama Anda. Jangan lewatkan juga mengamati sibuknya ikan-ikan kecil menjaga wilayahnya hilir-mudik. Bila Anda beruntung mungkin dapat berenang bersama penyu laut. Keindahan yang alami, seolah benar-benar tidak tersentuh telah menjadi daya tarik utama di sini.

Opini saya tentang keindahan yang dimiliki Indonesia terutama wilayah paling timur Indonesia yaitu papua barat dengan pulaunya yang begitu indah serta pantai dan daratan yang menakjubkan . termasuk raja ampat merupakan sebuah pecahan surga yang silau akan pantulan cahaya dari biota biota laut yang terpantul oleh air laut yang jernih mempunyai nilai keindahan yang tidak dapat dijelaskan dengan kata melainkan dengan sebuah rasa takjub atas SANG PENCIPTA. Objek keindahan tersebut hanya sebuah serpihan kecil surga yang dapat memanjakan seluruh orang jika pergi kesana. Bersyukur bangsa dan Negara ini mempunyai sebagian kecil surga alam bawah laut yang indah. Lestarikan dan jaga titipan alam indah ini untuk anak cucu kita!!”

 

                                                              From : www.wildernesstravel.com

                                          From : http://oceanicliveaboard.com

Thanks to

Sumber : 

https://www.google.com/ 

http://www.kompas.com/ 

http://banjarmasin.tribunnews.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s